Sabtu, 22 September 2012

Guyonan Fisika: Petak Umpet

Cerita ini saya dapat dari kakak kelas saya bertahun-tahun yang lalu. Saya tidak bermaksud plagiat karena memang bukan saya yang membuat cerita ini, saya hanya menceritakan kembali dengan sedikit penyesuaian. Tidak tau asal usulnya darimana dan mungkin sudah sering diceritakan. Yang jelas selamat menikmati.

-------------------------------------------------------------

Alkisah 4 orang ilmuwan hebat terdahulu berkumpul. Tersebutlah Sir Isaac Newton, Blaise Pascal, Archimedes, dan Galileo Galilei. Kali ini mereka berkumpul bukan untuk membicarakan Permasalah Fisika yang berat, mereka berkumpul untuk bermain petak umpet.

Permainan ini diawali dengan hom-pim-pa untuk menentukan siapa yang harus menjadi penjaga.  Dengan cara tersebut terpilihlah Galileo.

Galileo mulai menghitung sambil menghadap dinding, tidak lupa menutup mata dengan kedua tangannya. “satu, dua, tiga,..” begitu ia menghitung dengan lantang, diiringi dengan suara kaki kaki yang berlari mencari tempat sembunyi yang aman.

Hitungan telah sampai di detik yang ke 30. Suasana menjadi hening, tidak terdengar lagi suara pergerakan manusia. Galileo mulai bergerak mencari teman temannya yang sedang bersembunyi. Sudut  demi sudut ia perhatikan dengan seksama. “Archimedes!”, begitu teriakan Galileo sambil menunjuk ketika menemukan tangkapan pertamanya yang sembunyi di dalam kolam tidak jauh dari tempat menghitung tadi.

Masih ada 2 orang lagi yang harus ia temukan. Galileo mencoba memperhatikan lingkungannya dengan seksama. Tiba tiba, “Pascal!” Galileo kembali berteriak sambil menunjuk ketika menemukan tangkapan keduanya. Pascal sedang sembunyi dibalik pohon. Kurang beruntung bagi Pascal waktu itu karena angin bertiup hingga membuat pakainnya berkibar kibar sehingga Galileo menemukan dirinya.

Galileo semakin sumringah dan bersemangat ketika menyadari ia hanya kurang menemukan satu orang lagi lalu ia berhasil melalui permainan ini.

Kira kira sudah 20 meter Galileo berjalan dari tempatnya menghitung tadi. Seketika dia menghentikan langkahnya, karena mendapati satu lagi kawan yang sedang ia cari. Tidak diragukan lagi itu adalah Newton. Galileo cukup heran ketika mendapati Newton yang tidak bersembunyi, malah hanya duduk ditengah jalan dengan beralaskan koran persegi. Tidak mau membuang kesempatan Galileo langsung berteriak lantang sambil menunjuk, “NEWTON!”. Galileo sangat gembira serta diselimuti hawa kemenangan karena telah menyelesaikan tugasnya denga baik. Tetapi apa yang terjadi, ternyata pria yang duduk diatas koran tersebut malah tersenyum lalu malah menimpali dengan tidak kalah lantang, ”SALAH!”. Galileo pun bingung. Lalu Newton melanjutkan kalimatnya,

”Aku adalah newton diatas 1 m2  , aku adalah PASCAL.”

Cuma bercanda.

sumber gambar:
http://rlv.zcache.com/pascal_1_newton_per_square_meter_math_joke_card-p137164389282289031bh2r3_400.jpg

Tidak ada komentar: